Cara Mudah Menghitung Biaya Bangunan Rumah

Semua orang yang akan merencanakan membangun sebuah rumah sudah pasti ingin mengetahui biaya yang diperlukan untuk membangun, baik biaya keseluruhan,  atau besarnya biaya upah kerja dan biaya bahan material yang diperlukan. Sebab dengan megetahui biaya keseluruhan, biaya bahan dan biaya upah kerja, maka kita akan mengetahui  jumlah biaya  yang harus disediakan, sehingga kita dapat merencanakan penyediaan anggarannya.

Tanpa mengetahui biaya yang diperlukan  ketika seseorang akan membangun rumah, maka suda pasti yang bersangkutan akan merasakan kebingungan dalam rangka mempersiapkan biaya yang diperlukan. Kesalahan dalam memprediksi biaya membangun rumah, akan sangat merepotkan, apalagi dalam menghitung estimasinya terlampau kecil dari biaya yang diperlukan.

Dalam urusan membangun rumah, sekecil apapun jangan dianggap remeh. Kita harus benar-benar matang dalam  engestimasi biayanya, apalagi pada saat sekarang ini dimana harga bahan bangunan termasuk upah kerja cukup mahal dan harga-harga tersebut setiap tahun selalu merangkak naik.

Banyak cara tradisional yang biasa digunakan orang untuk mengestimasi biaya membangun rumah, yaitu biaya per-meter persegi yang diperoleh dari mulut-ke mulut, alias bukan berdasarkan perhitungan empiris. Bahkan termasuk seorang tukang bangunan, ketika yang bersangkutan akan memborong sebuah rumah beraninya dengan estimasi seperti itu yang kadang-kadang benar, tetapi yang jelas banyak salahnya, sehingga pada akhirnya merugikan pemilik rumah.

Ada cara mudah untuk menghitung RAB rumah dengan berdasarkan ilmu bangunan yang dapat digunakan oleh siapa saja, sekalipun tidak memiliki dasar ilmu teknik bangunan, yaitu dengan menggunakan alat bantu Software RAB. Sebuah aplikasi sederhana menggunakan program excel dengan mengotomatiskan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi, sehingga sangat membantu mempermudah seseorang yang ingin bisa menghitung sendiri biaya membangun rumah.

Untuk dapat menggunakan alat tersebut  ada persyaratan minimal, yaitu harus bisa menggunakan MS-Excel,  dan bisa menghitung luas dan volume sebuah benda atau bidang (matematika dasar). Tapi saya yakin yang memiliki kemampuan tersebut pasti banyak, termasuk Anda.

Alat tersebut bisa Anda beli dengan harga tidak mahal di www.softwarerab. com.  Untuk penjelasan lengkap mengenai software rab, silahkan kunjungi www.softwarerab.com. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi Anda.

0 Response to "Cara Mudah Menghitung Biaya Bangunan Rumah"

Posting Komentar