Cara Praktis Menghitung Biaya Membangun dan Bahan Bangunan Rumah

Anda sedang merencanakan akan renovasi/membangun rumah? Mungkin Anda saat ini sedang mencari cara bagaimana cara mudah menghitung anggaran biaya membangun atau RAB rumah, dan ingin menghetahui jumlah bahan material yang diperlukan? Kalau seandainya itu benar yang sedang Anda cari, maka tepat sekali Anda mampir di halaman ini blog ini,  dan disini hal tersebut akan Anda temukan.

Cara manghitung biaya membangun rumah ada dua cara, cara pertama yaitu dengan cara manual dan yang kedua dengan menggunakan alat bantu yaitu menggunakan Software RAB. Untuk cara yang pertama, tentu tidak semua orang dapat mengerjakannya, sebab harus memiliki dasar ilmu pengetahuan teknik bangunan, minimum lulusan SMK jurusan bangunan. Tapi  bisa saja Anda pelajari dengan cara membeli buku tips dan cara menghitung sendiri RAB rumah, buku tersebut bisa Anda dapatkan di toko-koko buku.

Mungkin untuk mempelajarinya memerlukan kesabaran dan ketekunan, serta memerlukan waktu yang agak lama. Kalau Anda punya cukup biaya, tidak usah repot-repot, bisa menggunakan jasa konsultan konstruksi. Sepertinya cara-cara di atas tidak perlu dilakukan, kalau untuk menghitung RAB rumah biasa dan sederhana.

Sedangkan kalau menggunakan cara ke dua dengan menggunakan Softeare RAb akan lebih mudah, dan lebih cepat, sebab alat tersebut siap digunakan oleh siapa saja termasuk Anda yang kurang memiliki pengetahuan teknik bangunan. Cara menggunakannya cukup simpel dan sangat mudah, yang penting Anda bisa menggunakan MS-Excel dengan baik. Anda cukup memasukan harga satuan upah kerja dan bahan material  sesuai harga setempat, kemudian memasukan volume pekerjaan..seperti pondasi (m3), galian pondasi (m3), luas lantai (m2), luas plapon (m2), dan seterusnya.

Apabila Anda sudah selesai menginput data-data tersebut, maka RAB rumah sudah langsung jadi, dan Anda juga sekaligus akan punya daftar bahan-bahan material yang diperlukan seperti semen(zak), pasir (m3), batu (m3), kayu (m3) dll. Praktis bukan? Selain perlu bisa menggunakan excel juga Anda minimum harus bisa menghitung volume dan luas suatu benda untuk menghitung luas pekerjaan, seperti luas lantai, volume pondasi dll. Itu mudah!  Untuk mendapatkan software rab silahkan kunjungi www.softwarerab.com.

0 Response to "Cara Praktis Menghitung Biaya Membangun dan Bahan Bangunan Rumah"

Posting Komentar