Software RAB Rumah Berbasis File Excel

Software RAB alat untuk membuat rab rumah
Software untuk menghitung RAB bisa menggunakan perangkat lunak khusus perkantoran seperti Microsoft Office Excel atau OpenOffice. Software jenis ini paling banyak digunakan untuk memperkirakan perhitungan rencana anggaran biaya bangunan namun karena tidak didesain secara khusus guna menghitung RAB jadi masih perlu memasukan macam-macam rumus yang jumlahnya sangat banyak jika untuk satu rumah tinggal komplit atau bahkan gedung pencakar langit. kondisi ini lalu banyak yang memanfaatkanya sebagai peluang bisnis yaitu dengan membuat software yang secara khusus hanya digunakan untuk menghitung RAB, ada juga yang membuat rumus formula pada microsoft excel sehingga ketika akan menghitung tinggal memasukan data saja. jenis software ini tentu lebih praktis,mudah dan cepat digunakan tapi rata-rata belum dikenal secara umum.

Software RAB sebagai alat membuat RAB rumah dengan menggunakan MS-EXCEL terdiri dari beberapa file excel yang saling terkait dan berhubungan yang sistemnya bekerja mengotomatiskan perhitungan-perhitungan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi yang biasa dilakukan secara manual. Dengan otomatisasi tersebut, maka pengguna software rab hanya melakukan input data volume pekerjaan dan harga satuan material dan upah kerja, selanjutnya proses menghitung RAB rumah akan diproses oleh Software RAB.

Software RAB bekerja otomatis memproses data yang diinput pengguna, yaitu data: volume pekerjaan, harga satuan bahan material dan upah kerja . Output yang dihasilkan Software RAB adalah dua dokumen penting berbentuk tabel yang mudah dilihat dan dicetak, yaitu : RAB Rumah dan Rincian Kebutuhan Bahan Material yang diperlukan. Setiap harga satuan pekerjaan yang muncul dalam RAB, merupakan hasil proses menggunakan dasar perhitungan baku, yaitu Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi atau AHS-SNI yang ditanam dalam Software RAB. Pada dasarnya Software RAB bekerja meng-otomatiskan penggunaan AHS-SNI, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan AHS-SNI secara manual yang tidak semua orang dapat menggunakannya, sebab menggunakan AHS-SNI secara manual harus orang yang sedikitnya memiliki dasar pengetahuan teknik bagunan/arsitektur/sipil.

Setiap volume pekerjaan harus dihitung dengan cermat dan benar berdasarkan gambar dan detail perencanaan. Kemudian harga satuan bahan/upah harus sesuai dengan harga setempat, sebab harga material bangunan di setiap daerah/wilayah di Indonesia berbeda. Data Volume pekerjaan dan data harga satuan material yang sudah disiapkan selanjutya diinput ke Software RAB oleh pengguna. Semua data yang sudah diinput ke Software RAB akan diproses dan diolah secara otomatis, dan outputnya seperti yang telah saya sampaikan di atas adalah: RAB dan Rincian Kebutuhan Bahan Material Bangunan. Validitas nilai RAB yang dihasilkan sangat tergantung pada akurasi data yang diinput. Kesalahan pengguna Software RAB dalam input data (volume pekerjaan, harga satuan bahan dan upah kerja) akan mengakibatkan nilai RAB menjadi tidak valid. Bagi Anda yang memerlukan Software RAB dapat membelinya di www.softwarerab.com.


0 Response to "Software RAB Rumah Berbasis File Excel"

Posting Komentar