Desain Rumah Minimalis Masa Kini

Dunia arsitektur saat ini mencuat dengan semakin ngetopnya desain arsitektur minimalis. Penerapan atau aplikasi desain minimalis pada awalnya hanya di linkup rumah tinggal, tapi kini berkembang dan telah diaplikasikan pada bangunan bangunan non rumah, sperti bangunan perkantoran, ruko, bangunan rumah sakit dll. Bahkan desain minimalis diterapkan juga pada bagian kecil kecil arsitektur, seperti furniture minimalis, taman minimalis, kolam hias minimalis, dapur minimalis, kamar mandi minimalis dan sebagainya.

Khusus desain minimalis rumah tinggal, ini tentunya merupakan awal popolaritas mencuatnya istilah minimalis. Apa sih ciri-ciri desain rumah minimalis? Menurut para ahli arsitektur yang saya baca pada beberapa situs diantara ciri desain rumah minimalis adalah desain komponen bagian-bagian bangunan serba lurus dan siku, dari sisi desain tata ruang lebih mengarah ke multi fungsi ruangan.

Dari kedua ciri tersebut saya dapat sedikit berkomentar dan menambahkan : Kalau komponen serba lurus dan siku, berarti profil atau lekukan-lekukan pada komponen bangunan seperti profil listplang, kusen dsb sudah tidak ditemukan lagi. Barangkali atap juga kalau masih menggunakan atap bentuk limas.. itu bukan minimalis lagi tetapi barangkali semi minimalis. Kemudian multi fungsi ruangan, barangkali hanya pada ruang-ruang tertentu saja, misalnya penggabungan ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan menjadi satu ruangan..atau barangkali plus dapur bersih, sedangkan untuk ruang tidur tidak berlaku. Mungkin dalam kenyataannya, barangkali orang-orang kebanyakan masih menerapkan semi minimalis.

Berikut adalah contoh desain rumah minimalis yang ada relevansinya dengan istilah konsep desain rumah minimalis :

Gambar Desain Rumah Minimalis 01
desain exterior rumah minimalis 01
tips-rumah-idaman.blogspot.com

Gambar Desain Rumah Minimalis 02
desain exterior rumah minimalis 02
koleksigambarrumah.com

Gambar Desain Rumah Minimalis 03
desain exterior rumah minimalis 03.jpg
rumahdijual.com

Gambar Desain Rumah Minimalis 04

desain exterior rumah minimalis 04.jpg
jiviblog.com

Gambar Desain Rumah Minimalis 05
desain exterior rumah minimalis 05.jpg
zona-wallpaper.blogspot.com
Itulah beberapa contoh desain rumah minimalis masa kini. Semoga wawasan arsitektur Anda bertambah, khususnya tentang istilah dan ciri-ciri desain rumah minimalis.


0 Response to "Desain Rumah Minimalis Masa Kini"

Posting Komentar