Tips Sebelum Memebeli Rumah Bekas

Tips Membeli Rumah Bekas
Ketika kita akan membeli sebuah rumah bekas jangan asal suka karena model rumah menarik dan artistik, ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli rumah tersebut, sebaiknya harus mempertimbangkan beberapa hal penting diantaranya sebagai berikut:
  • Cermati lokasi rumah apakah lingkungannya memiliki prospek yang baik beberapa tahun ke depan;
  • Apakah lokasi rumah aman dari maling/perampokan;
  • Periksa kelengkapan surat-surat tanah, bukti pelunasan PBB, IMB, dsb., jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kita mengurus Akte Jual Beli (AJB);
  • Cermat dalam menentukan harga penawaran.
Lokasi rumah yang baik akan memeliki prospek yang baik dalam beberapa tahun ke depan, sehingga nilai tanah dan rumah akan menaik.. sehingga memiliki nilai yang tinggi pada waktu yang akan datang.

Lokasi rumah yang aman, tidak rawan maling/perampokan, itu sangat penting untuk diperhatikan. Lingkungan rumah tidak aman, rawan maling dan perampokan bukanlah tempat hunian yang baik, tentunya tidak akan dapat memberikan rasa nyaman dan tentram bagi penghuninya. Kondisi lingkungan rumah eperti itu tidak memiliki prospek yang baik sebagai tempat hunian, dan tentunya rumah tidak memiliki nilai lebih di masa mendatang.

Kelengkapan surat-surat tanah dan bangunan merupakan hal yang sangat penting untuk diperiksa dan diteliti. Bukti kepemilikan tanah dan bangunan, surat ijin mendirikan bangunan (IMB), bukti pelunasan PBB dalam beberapa tahun terakhir merupakan surat-surat penting untuk mengurus surat Akta Jual Beli. Surat IMB sangatlah penting untuk melihat identitas dan kualitas bangunan.

Rumah yang memiliki IMB sudah dipastikan memiliki gambar-gambar yang akan memberi tahu kita akan kualitas bahan-bahan bangunan yang digunakan serta akan menunjukan usia bangunan itu sendiri. Dengan data-data tersebut kita dapat mengestimasi berapa harga penawaran yang layak untuk bangunan. Dengan bukti pembayaran PBB terakhir kita dapat mengetahui nilai atau harga tanah. Untuk mengestimasi harga rumah caranya : hitung harga tanah sesuai NJOP, dan hitung harga rumah dengan mengalikan luas bangunan dengan harga yang pantas untuk kondisi bangunan dengan mempertimbangkan kualitas bahan dan usia bangunan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika kita akan membeli sebuah rumah bekas orang lain. Semoga tips di atas ada menfaatnya bagi Anda yang akan membeli rumah bekas orang lain.


0 Response to "Tips Sebelum Memebeli Rumah Bekas"

Posting Komentar