Bertani sayur-mayur di Lorong Rumah Sempit

Apabila Anda suka bertani atau bercocok tanam, tetapi Anda tinggal di rumah yang sempit.. maka Andapun masih bisa bercocok tanam pada lorong sempit di rumah Anda. Bagaimana caranya? Mungkin Anda pernah mendengar istilah kebun vertikal yang sering ditayangkan di televisi, dimana kita dapat menanam sayur mayur seperti kangkung, sawi, bayam dan lain-lain pada kebun vertikal tersebut, atau istilah asing verical garden.

Kebun vertikal atau vertical garden bisa kita buat dengan membuat kerangkanya dari bahan kayu atau bambu untuk menaruh tempat media tanam. Media tanam bisa menggunakan papan yang dibentuk menjadi kotak panjang seperti talang pvc, atau kita menggunakan talang pvc ukuran 10 x 10 cm yang biasa kita gunakan untuk talang penampung air di atap rumah kita.

Apabila rumah Anda memiliki lorong atau ruang terbuka di bagian belakang atau samping rumah yang biasa digunakan untuk tempat jemur pakaian, menyimpan alat atu tempat aktivitas lain, maka selain untuk keperluan tersebut, maka kita juga dapat menanfaatkannya yaitu menggunakan dinding tembok yang menganggur kita bisa jadikan tempat untuk menyimpan talang PVC tadi untuk media tanam sayur-mayur. Lihat gambar berikut :
Bertani di Lorong Rumah Sempit

Pada pinggiran lantai lorong,  kita buat bak tanaman (dasarnya jangan di tembok) memanjang mengikuti lekukan tembok dengan ukuran lebar bersih 20 cm.. dan gali sedalam 20 cm untuk diisi media tanam yang baik.  Kemudian diatasnya dipasang 2 talang PVC memanjang mengikuti lekukan tembok seperti bak tanam yang telah saya sebutkan tadi.Jarak PVC dengan yang di atasnya kurang lebih 50 cm.

Cara menanam :

Isilah semua tempat media tanam yang sudah kita siapkan tadi dengan tanah, pasir, dan pupuk kandang  denganperbandingan 2 : 1 : 1. Tanah 2 bagian, pasir dan pupuk kandang masing-masing 1 bagian. 

Biarkan media tanam selama 2 minggu, siram media tersebut jangan sampai mengering. Usahakan jangan menggunakan pupuk kimia atau pestisida. Lakukan penyiraman sekedarnya jangan terlalu basah. Setelah 2 minggu taburkan salah satu : bibit bayam, sawi, kangkung kesukaan Anda. Maka setelah 1 bulan sejak Anda menyemai.. Anda sudah dapat memanen hasilnya.

Itulah cara memanfaatkan lorong sempit di rumah Anda untuk dimanfaatkan sebagai kebun vertikal yang dapat menghasilkan sayur mayur sehat tanpa bahan kimia.


0 Response to "Bertani sayur-mayur di Lorong Rumah Sempit"

Poskan Komentar