Desain Rumah Sederhana Minimalis - Rumah BTN Type 21

Rumah KPR-BTN type 21 sebagian besar dibangun di atas lahan seluas 60 m2, kemudian 72 m2 dan 90 m2. Kondisi eksisting ruangan yang hanya seluas 21 m2 tentu saja sebenarnya belum siap dihuni oleh keluarga yang mempunya anggota keluarga lebih dari 2 orang. Oleh karena itu pemilik rumah KPR mau tidak mau harus menambah ruangan agar rumah menjadi tempat hunian yang layak. Untuk itu pilihan konsep desain rumah minimalis dapat diaplikasikan untuk renovasi dan menambah ruangan.

Konsep desain rumah minimalis sederhana dapat diterapkan untuk meredesain rumah type 21 agar rumah sekalipun hanya memiliki lahan kecil, tapi dapat menjadi rumah yang nyaman serta memenuhi kebutuhan bagi semua penghuni rumah.

Konsep desain minimalis jika diterapkan secara maksimal memiliki ciri yang paling dominan adalah meminimaliskan beberapa hal dalam kontek desain rumah, sehingga berpengaruh kepada anggaran biaya bangunan menjadi lebih murah.

Tetapi walaupun begitu, konsep desain rumah minimalis tidak melanggar kaidah-kaidah kekuatan dan kualitas bangunan, sehingga tidak mempengaruhi faktor keamanan. Kualitas struktur bangunan sama sekali tidak dibenarkan untuk diminimalkan. Srtruktur bangunan yang dimaksud adalah : pondasi, sloof, kolom, dan ring balok beton harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dengan komposisi campuran adukan yang memenuhi standard yang aman.

Ciri khas Konsep rumah minimalis diantaranya dapat Anda lihat dari beberapa sisi, sbb:


Desain :

Dari sisi desain sesuai dengan namanya yakni meminimaliskan desain. Ciri-cirinya adalah desain yang sederhana, serba lurus dan serba rata. Pada desain minimalis murni tidak akan terdapat pekerjaan yang rumit-rumit sepert profil listplank beton, profil tiang beton, profil kusen, ukiran-ukiran pada pintu. Kalau Anda melihat adanya yang rumit-rumit pada gambar desain minimalis, itu bukan desain minimalis murni.. tetapi semi minimalis.

Fungsi Ruangan :

Dari sisi fungsi ruangan, desain minimalis juga meminimaliskan fungsi penggunaan ruangan yang dapat digabung, yakni mencptakan ruangan yang multi fungsi. Ini sangat cocok dan sesuai dengan kondisi rumah sempit seprti rumah KPR-BTN type 21 yang sangat tidak memungkinkan untuk menyekat ruangan untu keperluan spssifik/khusus. Contoh penggabungan ruangan menjadi multi fungsi : ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan digabung menjadi satu dengan menghilangkan skat ruangan. Dengan adanya multi fungsi ruangan, maka ruangan menjadi terkesan luas.

Komponen :

Desain minimalis menganut penyederhanaan penggunaan komponen-komponen non struktur, seperti pemilihan ubin yang harganya tidak terlalu mahal, komponen plapond yang sederhana, penggunaan cat satu warna, kusen-kusen yang polos tanpa profil dan tanpa jelusi (kusen gundul), ukuran jendela yang minimalis (kecil). Dengan meminimaliskan komponen non struktur, maka sangat berpengaruh kepada budget yang dikeluarkan.

Dengan demikian maka sangatlah cocok menerapkan desain rumah minimalis pada renovasi rumah kpr btn type 21, terutama yang lahannya 60 s/d 90 m2. Apalagi rumah KPR hanya memiliki satu sisi depan, sedangkan sisi kanan, kiri dan belakang tidak banyak memerlukan kusen. Itulah posting kali ini, semoga ada manfaatnya bagi Anda para pemilik rumah kpr type 21.


0 Response to "Desain Rumah Sederhana Minimalis - Rumah BTN Type 21"

Poskan Komentar