Mengapa Harus Membangun Rumah 2 lantai?

Pertanyaan yang sekaligus judul posting saya kali ini "Mengapa harus membangun rumah 2 lantai?" Jawabannya pasti Anda lebih tahu ketika memutuskan untuk membangun rumah Anda. Jawaban yang paling umum adalah untuk memenuhi kebutuhan ruangan karena alasan lahan yang ada tidak mencukupi kebutuhan ruangan jika hanya dibangun rumah 1 lantai.

Jika alasan membangun rumah 2 lantai karena alasan lahan yang ada tidak memadai, barangkali itu alasan yang ideal, realistis dan masuk akal. Tetapi jika alasannya ingin keren, atau alasan lainnya agar mendapat sanjungan atau pujian orang pandang, saya dan diantara Anda juga mungkin ada yang kurang setuju dengan alasan tersebut. Berbeda dengan rumah 2 lantai dibangun di atas lahan yang hanya 60 m2 misalnya, seperti di perumahan BTN.

Misalnya Anda memiliki lahan seluas 700 m2, kemudian kebutuhan ruangan hanya 120 m2, lalu anda membuat rumah ukuran 10 x 6 m, 2 lantai. Menurut saya keputusan tersebut kurang tepat, sebab lahan yang tersedia akan lebih baik dibangun rumah  seluas 150 m2 1 lantai, dengan alasan diantaranya sebagai berikut :

  • Biaya membangun akan lebih murah, terutama untuk biaya struktur (pondasi, sloof, kolom dan lantai beton);
  • Dari sisi arsitektur, untuk lahan seluas 700 m2 akan lebih artistik dan alami jika dibangun rumah 1 lantai dengan luas yang diperlukan tersebut.
  • Biay perawatan rumah 1 lantai lebih murah dibandingkan dengan biaya perawatan rumah 2 lantai.

Jadi, menurut saya jika Anda memiliki lahan yang cukup luas tidak perlu membangun rumah 2 lantai jika kebutuhan ruangna tidak melampaui 50% luas lahan yang tersedia. Semoga tuisan ini ada manfaatnya untuk Anda yang memiliki permasalahan yang berkaitan dengan apa yang saya kemukakan pada materi postingan ini.


0 Response to "Mengapa Harus Membangun Rumah 2 lantai?"

Posting Komentar