Maret 10, 2013

Tips Merawat Rumah

Membersihkan rumah yang biasa dikerjakan secara rutin daan berkala seperti, menyapu lantai rumah bagian dalam maupun luar, mengepel lantai, membersihkan kaca jendela, daun pintu, dinding, plapon dll., merupakan bagian dari merawat rumah. Tetapi bukan hanya itu saja yang perlu kita perhatikan dalam merawat rumah kita.

Perawatan bangunan termasuk bangunan rumah dapat dibagi kedalam dua bagian, yang pertama perawatan rumah yang berkaitan dengan kebersihan seperti yang biasa kita lakukan seperti yang telah saya sebutkan di atas, sedangkan yang kedua adalah perawatan rumah yang berkaitan dengan perawatan fisik bangunan/konstruksi. Perawatan fisik seperti pengecatan ulang dinding perlu dilakukan paling tidak setiap 2 atau 3 tahun sekali. Hal ini penting, selain rumah kita akan tampil seperti rumah baru, juga kita sebagai penghuninya akan merasakan ada sesuatu yang berubah seperti ada sesuatu yang baru di rumah kita.

Perawatan berikutnya, secara berkala kita harus memeriksa kondisi rumah kita pada bagian atas seperti genting, rangka atap, dan rangka plapond, terutama yang konstruksinya masih menggunakan bahan kayu. Untuk memeriksa konsidi kayu pada bagian-bagian atap yang tidak kelihatan kita dapat meminta mantuan seorang tukang bangunan untuk memeriksanya apakah kondisinya masih baik, atau sebaliknya. Perintahkan tukang bangunan untuk memeriksa kondisi kayu pada bagian atap satu per satu dengan menggunakan alat pemukul (palu kecil). Jika terdapat kayu yang lapuk atau keropos bagian dalamnya akan langsung ketahuan.

Pastikan bahwa rumah kita dalam keadaan baik dan tidak ada tanda-tanda dimakan binatang penggerat kayu seperti bubuk, rayap, dan jenis serangga pemakan kayu lainnya, dan jika ditemukan ada kayu yang rusak maka segeralah ganti dengan yang baru, jangan ditunda. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar rumah kita aman, nyaman sehingga tidak ada perasaan takut ambruk karena kayu lapuk. Anda harus hati-hati jangan sampai ada rayap memakan kayu pada bagian atap dan plapond, sebab rayap sangat cepat untuk memakan kayu, sebab gerombolan rayap jumlahnya sangat banyak. Pernahkah kusen pintu rumah Anda dimakan rayap? Apa yang terjadi? bagian luar disisakan sedangkan bagian dalamnya sudah habis dimakan rayap. Bisa dibayangkan kalau hal tersebut terjadi pada kayu-kayu di bagian atap.

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagian tutup atap, terutama yang menggunakan atap genting tanah yang rentan terhadap angin. Sesekali perlu diperiksa jangan sampai posisi genting bergeser dari tempatnya. Dengan bantuan tukang bangunan kita bisa mengatasi hal tersebut. Kemudian pada bagian talang beton atau persambungan tembok yang berbatasan dengan tetangga juga perlu diperiksa, apabila ada tembok-tembok yang retak maka harus segera dirapatkan dengan menggunakan cat anti air.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat rumah agar rumah kita tetap dalam keadaan prima, baik dari sisi kebersihan maupun dari sisi konstruksi harus mendapat perhatian yang sama. Jangan suka membiarkan atau menganggap remeh masalah kecil. Marilah kita pelihara rumah kita dengan baik, sebab rumah adalah istana bagi para penghuninya. Sisihkan sebagian uang kita untuk biaya pemeliharaan rumah, sebab kalau rumah tidak dipeliara dengan baik.. sekalinya rusak akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar