Cara Menghitung Anggaran Biaya Bangunan (RAB) Rumah Sendiri

Setiap orang yang akan membangun rumah, sudah dipastikan telah memiliki gambar rencana rumah yang diinginkannya dan telah memiliki sejumlah biaya untuk membangun rumah idamannya. Walaupun gambar yang diilikinya hanyalah sebuah konsep denah dan dana yang dimilikinya belum tentu cukup untuk mewujudkan keinginannya, paling tidak sudah ada rencana dan niat untuk membangun sebuah rumah idaman.

Agar kita dapat mengetahui kebutuhan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah idaman, maka tentunya kita harus menghitung kebutuhan biaya tersebut yang meliputi kebutuhan bahan material dan upah kerja sesuai dengan gambar dan ukuran rumah yang diinginkan.

Kebanyakan orang awam dalam menghitung kasar kebutuhan bangunan dengan cara mengalikan luas bangunan dengan harga bangunan per m2. Misalkan luas bangunan 100 m2 dan harga per m2 saat ini = Rp. 2.000.000, maka kebutuhan kasar biaya bangunan = 100 x 2.000.000 = 200 juta rupiah. Perhitungan kasar seperti itu cukup membantu dalam rangka mempersiapkan biaya yang diperlukan, namun akurasinya tidak dapat dijadikan dasar yang untuk negosiasi jika pekerjaan pelaksanaan akan dilakukan dengan sistem kerja borongan.

Untuk mendapatkan angka kebutuhan yang akurat tentunya harus melalui langkah-langkah perhitungan sebagai berikut :
  1. Menghitung volume atau luas satuan pekerjaan sesuai ukuran gambar, misalnya galian pondasi (m3), pasangan pondasi (m3), pasangan bata merah (m2), beton sloof (m3), beton kolom (m3), lantai (m2), dll.
  2. Menentukan bahan material yang akan digunakan, misalnya lantai keramik, rangka atap baja ringan, plapond gypsum, dst.
  3. Menghitung harga satuan pekerjaan tersebut di atas dengan menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI). AHS-SNI adalah pedoman dan cara menghitung harga satuan pekerjaan.
Untuk mengerjakan langkah-langkah di atas sangat mudah bagi Anda yang memiliki basic pengetahuan arsitektur/sipil, tetapi bagi orang awam tentunya memerlukan waktu untuk belajar.  Untuk mengerjakan langkah nomor 1 dan 2 saya kira orang awam tidak begitu kesulitan untuk mengerjakannya.. hanya perli sedikit mengingat rumus-rumus cara menghitung luas dan volume. Namun untuk mengerjakan langkah nomor 3 tetap perlu belajar terlebih dahulu. Sekedar informasi bagi Anda yang ingin belajar menghitung biaya membangun rumah  atau ingin bisa membuat Rab Rumah, silahkan dapatkan informasi lengkap mengenai hal tersebut di website : www.softwarerab.com. Semoga informasi ini merupakan solusi bagi Anda.


5 Responses to "Cara Menghitung Anggaran Biaya Bangunan (RAB) Rumah Sendiri"

  1. makasih atas infonya..
    salam kenal..yuk kunjungi juga nih blog ane...

    BalasHapus
  2. https://www.facebook.com/agenresmivigrxplusasli/likes

    BalasHapus
  3. untuk harga pasaran sekarang 2 jt sudah tidak ada,minimal 2 ,5 jt per meter ,itupun kualitas paling rendah
    jasa strauss piledanBor Pile

    BalasHapus
  4. Rencanakan sebelum membuat.
    Lihat Gambaran 3 Dimensi Bangunan dan Kontruksi yang akan anda buat.
    Q-Ta Designin
    Jasa Pembuatan Gambar 3D
    Telp. 0813-1500 9293
    pin BB 5127A8B6
    Email : qta.designin@gmail.com
    Terima Jasa Pembuatan Rencana Anggaran Biaya
    dan pembuatan gambar APD.
    http://www.olx.co.id/iklan/jasa-design-gambar-3d-bangunan-dan-kontruksi-78119932.html

    BalasHapus