Faktor Yang Membuat Orang Betah Tinggal di Rumah

Secara umum ada dua faktor yang membuat orang betah tinggal di rumah. Faktor pertama yang mungkin paling penting dalam hidup keseharian adalah faktor hubungan keluarga, yaitu keharmonisan dalam kehidupan keluarga. Faktor yang kedua yang mungkin lebih rendah tingkatannya yaitu faktor kondisi rumah itu sendiri. Saya tidak akan membahas faktor yang pertama, sebab tidak ada kaitannya dengan blog saya. Saya akan sedikit berceritera mengenai faktor yang kedua yaitu mengenai rumah.

Rumah yang membuat orang betah dan merasa nyaman tinggal di dalamnya tidak selalu harus rumah yang bagus, rumah besar atau rumah mewah, walaupun memang semua orang mendambakan untuk memiliki rumah yang seperti itu. Kalau kita berbicara sebagai masyarakat biasa, masyarakat seperti kebanyakan orang yang tinggal di rumah-rumah sederhana seperti rumah di lingkungan perumahan masyarakat golongan kelas bawah, tentu saja kita tidak perlu jauh-jauh berfikir tentang rumah mewah atau rumah besar, tetapi yang terpenting rumah kita walaupun kecil  yang penting memenuhi syarat kesehatan. Rumah harus sehat, rumah harus bersih, memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, memiliki penerangan alami yang baik ketika siang hari. Rumah yang sehat tidak cukup hanya dibersihkan, disapu atau di pel saja, tetapi masih ada syarat sehat yang lainnya yakni ventilasi/sirkulasi udara dan adanya cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Ketidak tahuan seseorang akan kesehatan rumah, kadang-kadang banyak orang yang kurang memperhatikan hal-hal tesebut. Saya sering menemui rumah-rumah  terutama di perumahan kecil, yang kurang memiliki ventilasi dan pencahayaan alami yang baik. Misalnya dapur dan ruang tidur yang ditempatkan di bagian belakang yang sama sekali tidak mendapatkan cahaya matahari, selamanya menggunakan cahaya lampu. Pengapnya udara ruangan karena tidak ada ventilasi dari ruang terbuka.

Bahkan, saya sering juga menemukan rumah yang sengaja tidak dibuatkan ventilasi/roster pada bagian atas jendela atau pintu dengan alasan menggunakan AC. Menurut saya rumah seperti itu sangat tidak nyaman, sebab selamanya harus menggunakan AC, padahal belum tentu semua anggota keluarga tahan AC. Disamping kurang baik terhadap kesehatan, juga pemborosan biaya.

Sekalipun rumah kecil, jika memiliki syarat kesehatan yang saya sebutkan di atas, apalagi jika ditambah dengan adanya taman atau kolam hias, saya yakin keluarga akan betah tinggal di rumah terutama dihari-hari libur. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keluarga betah dan merasa nyaman tinggal di rumah.


0 Response to "Faktor Yang Membuat Orang Betah Tinggal di Rumah"

Posting Komentar