Renovasi Rumah KPR-BTN Agar Tidak Bocor

Interior Rumah Minimalis - Masalah yang sering terjadi pada rumah di lingkungan perumahan padat seperti di perumahan KPR-BTN adalah masalah bocor atap dan dinding ketika datangnya musim hujan. Kebocoran rumah yang biasa terjadi dan cukup susah memperbaikinya adalah bocoran pada dinding yang berbatasan dengan rumah tetangga.

Peta Rawan Bocor

Pada rumah yang posisinya di tengah pada umumnya mengalami masalah bocoran pada 3 sisi, sisi kanan, sisi kiri dan sisi belakang. Jika datang musim hujan cukup membuat pusing. Walaupun diperbaiki, misalnya dengan ditambal menggunakan semen atau cat anti bocor.. maka akan terjadi lagi bocor, sebab sambungan tembok akan retak lagi setelah beberapa bulan kemudian.

Penyebab terjadinya bocor adalah retak pertemuan dinding tembokantara punya kita dan tetangga. Ini merupakan salah satu kesalahan konstruksi pemasangan dinding yang dilakukan oleh pekerja bangunan. Jika kita duluan membangun, awalanya tidak bocor.. kemudian setelah tetangga membangun terjadi bocor, itu bisa terjadi. Kadang-kadang kejadian ini menjadi polemik dan kerap kali menjadi percekcokan dengan tetangga saling menyalahkan.

Bagi yang sudah terjadi, barangkali harus rajin menambal sambungan tembok secara berkala. Penting bagi yang akan melakukan renovasi, sebelum melaksanakan renovasi atau membangun harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Sebelum mengerjakan renovasi/membangun rumah, sebaiknya Anda minta ijin secara baik-baik kepada tetangga yang ada di samping kiri, kanan dan belakang, jika posisi rumah Anda di tengah.
  2. Rencanakan desain Atap yang meminimalis tingkat kebocoran, dengan tidak menggunakan talang atap plastik atau seng. Gunakan kombinasi atap beton dan genting. Gunakan talang beton bertulang kedap air pada sisi-sisi dinding tembok yang berbatasan dengan tetangga.
  3. Konstruksi tembok yang berbatasan dengan tetangga gunakan adukan kedap air (1 semen : 3 pasir) mulai dari adukan pasangan bata dan plesteran.
  4. Jika kita membangun belakangan, berikan jarak 2 s/d 3 cm antara tembok kita dan tembok tetangga.. dan jangan diisi adukan, agar jika ada rembesan air dari sambungan tidak akan merembes ke dalam ruangan.
  5. Jika kita membangun duluan, gunakan adukan seperti pada point 4, dan tembok bagian luar yang berbatasan dengan tetangga diplester, diaci dan dicat dengan cat kedap air. Kemudian jika pada suatu saat tetangga Anda membangun, beritahu dengn cara yang bijak point 4.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan renovasi rumah kpr-btn agar tidak terjadi kebocoran atap dan bocoran dinding perbatasan dengan tetangga. Semoga tips ini ada manfaatnya buat Anda pera pemilik rumah di lingkungan perumahan kpr-btn dan perumahan pada umumnya.


2 Responses to "Renovasi Rumah KPR-BTN Agar Tidak Bocor"

  1. Informasi yang menarik , sangat bermanfaat bagi kami, terus update infonya , salam - Renovasi 123

    BalasHapus
  2. Boleh dong teh... kapan2 nyantumin sketsa rumah yang unik2..thank's

    BalasHapus