Etika Melakukan Renovasi Rumah di Lingkungan Perumahan Padat

Kadang-kadang sebagian orang mengabaikan hal-hal yang dianggap sepele ketika melakukan renovasi/membangun rumah di lingkungan perumahan padat penduduk, misalnya di lingkungan perumahan KPR-BTN. Apalagi posisi rumah yang akan direnovasi posisinya di tengah, dimana kanan, kiri dan belakang adalah rumah tetangga.

Perlu disadari bahwa ketika kita melakukan pekerjaan renovasi/membangun rumah sangat mengganngu orang lain, bukan hanya kepada tetangga terdekat, melainkan mengganggu juga kepada pemakai jalan yang sudah pasti terhalang oleh bahan material yang mau tidak mau disimpan di pinggir jalan, sperti batu, pasir dan bahan-bahan lainnya.

Selain itu, kegiatan yang menimbulkan suara bising seperti benturan palu pada tembok yang jelas-jelas akan mengganggu tetangga terdekat, suara mesin serut, mesin potong keramik dan lain-lain begitu mengganggu ketenangan dan kenyamanan tetangga kita yang seharusnya beristirahat, atau terlebih-lebih tetangga kita sedang ada yang sakit, atau memiliki bayi.

Oleh karena itu seyogianya harus memperhatikan hal-hal tersebut sebelum kita memulai melaksanakan pekerjaan renovasi atau membangun rumah di lingkungan perumahan padat.

Jika kita kurang memperhatikan hal-hal tersebut, maka tidak jarang terjadi pertengkaran adu mulut dengan tetangga.. yang pada akhirnya berbuntut panjang menjadi permusuhan. Belum lagi akibat pakerjaan terjadi kebocoran rumah tetangga yang disebabkan kecerobohan yang dilakukan oleh pekerja bangunan, ini biasanya yang paling rawan berbuntut adu mulut dengan tetangga t5erdekat.

Oleh karena itu beberapa hal yang harus kita lakukanj sebelum memutuskan untuk memulai pekerjaan renovasi rumah di lingkungan perumahan padat, sebagai berikut :
  • Meminta ijin dan persetujuan kepada tetangga terdekat,serta memohon maaf sebelumnya karena selama pekerjaan berlangsung akan mengganggu tetaqngga dari suara-suara bising peralatan yang digunakan.
  • Meminta ijin kepada ketua RT sebagai penguasa lingkungan rukun tetangga.
  • Menyatakan bertanggung jawab apabila ada kerusakan-kerusakan fasilitas jalan,gorong-gorong akibat kendaraan yang mengangkut bahan material berat.
  • Menyatakan bertanggung jawab kepada tetangga terdekat apabila ada kerusakan/kebocoran rumah tetengga akibat kelalaian para pekerja bangunan ketika proses pekerjaan berlangsung.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk memulai pekerjaan renovasi atau membangun rumah kita di lingkungan perumahan padat penduduk. Hal-hal yang  mungkindianggap sepele dan remeh oleh sebagian orang, tetapi akan mengakibatkan sesuatu yang fatal jika kita abaikan, sperti terjadinya permusuhan dengan tetangga kita sendiri. Ketahuillah, bahwa keberadaan tetangga itu melebihi keluarga, sebab tetangga bisa disebut keluarga terdekat. Semoga tulisan ini ada memfaatnya bagi kita semua.


1 Response to "Etika Melakukan Renovasi Rumah di Lingkungan Perumahan Padat"

  1. wah , bagus sekali artikelnya , semoga bisnisnya sukses

    BalasHapus