Desain Rumah Minimalis untuk Lahan Sempit

Merancang desain rumah untuk lahan sempit seperti di lingkungan perumahan sederhana, bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab suatu rancangan desain rumah harus mempertimbangkan berbagai aspek yang harus dipenuhi, tata ruang, kesehatan, dan keindahan.

Aspek Tata Ruang

Desain tata ruang yang pas dalam sebuah rumah adalah penempatan dan peletakan ruangan yang sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri, serta sesuai dengan alur kegiatan sehari hari penghuni rumah. tata ruang yang pas akan memberikan ketenangan dan kenyamanan penghuni rumah. Sebagai contoh, jika penempatan kamar mandi dan toilet diletakan di ruang publik, seperti ruang keluarga misalnya.. itu akan membuat tidak nyaman bagi penghuni yang sedang berkumpul di ruang keluarga ketika ada salah seorang penghuni memasuki kamar mandi/wc. Bagi pengguna km/wc pun menjadi tidak nyaman selama berada di kamar mandi/wc. Hal-hal sepele seperti itu harus menjadi pertimbangan yang matang. Sebaiknya penempatan kamar mandi/wc untuk rumah lahan sempit diletakan terpisah agak jauh dari ruang publik.

Aspek Kesehatan

Mempertimbangkan aspek kesehatan pada desain rumah di lahan sempit cukup sulit, sebab selalu tarik menarik antara kebutuhan space untuk kesehatan dan space untuk kebutuhan ruangan itu sendiri. Misalnya, pada suatu desain rumah, minimum harus ada 2 ruang tidur, tetapi jika kedua ruang tidur dipenuhi.. tidak ada space untuk ruang terbuka sebagai satu-satunya cara membuat ventilasi dan pencahayaan alami. Tanpa ruang terbuka, maka rumah lahan sempit seperti perumahan yang hanya sisi depan yang memiliki ruang terbuka, sedangkan sisi kanan, kiri dan belakang sudah dinding rumah orang.

Aspek Keindahan

Keindahan sebuah rumah dapat dilihat di dalam dan dari luar, atau interior dan eksterior. Interior sebuah rumah yang baik adalah adanya keserasian tata ruang dengan penempatan perabot/ furnitur rumah, mulai dari warna, model, dan ukuran perabot mebel. Keindahan eksterior akan terlihat dari luar, depan, samping, belakang dan sudut. Untuk rumah di lahan sempit seperti perumahan, apalagi yang letaknya di tengah hanya memiliki satu sisi depan yang dapat dilihat.

Berikut adalah contoh desain rumah lahan sempit :
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Itulah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mendesain rumah pada umumnya, khusus untuk lahan sempit akan lebih banyak pertimbangannya yang selalu tarik menarik dalam mengambil putusan yang berkaitan dengan luasan lahan.


0 Response to "Desain Rumah Minimalis untuk Lahan Sempit"

Posting Komentar