Menghitung RAB Rumah

Walaupun tidak detil, kita perlu juga mengetahui cara menghitung anggaran biaya (RAB), baik untuk membangun atau memperbaiki rumah. Hal ini saya katakan penting, kalau kita sama sekali awam terhadap hal ini.. maka akan terasa ketika kita ada niatan untuk memperbaiki atau akan membangun rumah.

Tidak perlu mendalam, minimal kita dapat menghitung secara kasar. Jangan sampai kita dibodohi oleh orang-orang yang akan mengerjakan bangunan rumah kita. Selama ini, bagi orang-orang awam biasanya mendapat informasi harga bangunan, upah borong, atau upah harian didapat dari teman atau dari tetangga yang kebetulan telah menggunakan orang-orang tersebut. Tapi, walaupun kata mereka baik.. tetapi kita tidak dapat percaya begitu saja, sebab bisa saja orang-orang tersebut berubah ketika mengerjakan rumah kita.

Mengetahui jenis-jenis pekerjaan pada rumah, seperti pondasi, tembok, plapond, atap dll. termasuk nama-nama bahan material yang digunakan.. sebaiknya kita harus mengetahui agar kita juga dapa menghitung kebutuhannya.

Saya tertarik oleh sebuh software RAB rumah sederhana yang dibagikan secara gratis oleh situs desainrumahsederhana.com,  saya telah mendapatkan software RAB tersebut untuk dipelajari bagaimana cara menggunakannya. Ternyata jika kita dapat menggunakannya, kita dapat menghitung RAB rumah dengan mudah. Kita cukup menghitung volume setiap pekerjaan dan menginputnya, selanjutnya secara otomatis RAB sudah jadi. Bagi saya yang memang awam bidang ini, menurut saya software RAB tersebut dapat membantu kita dalam mengesitmasi biaya secara kasar agar tidak dibodohi oleh calon pekerja bangunan rumah kita.

Kalau kita sedikit demi sedikit mau belajar, maka kita juga pasti bisa kalo hanya sekedar menghitung RAB secara kasar. Mengingat masalah rumah itu kebutuhan setiap orang, peka pengetahuan apapun yang berkaitan dengan rumah saya kira penting kita ketahui. Semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk Anda.


1 Response to "Menghitung RAB Rumah "

  1. keren gan, sangat menarik......

    silahkan berkunjung ke blog gw, sapa tw jg b'rmanfaat...

    saling bntu gtu gan


    http://sipilworld.blogspot.com/2013/02/manajemen-jadwal-pelaksanaan-proyek-dan.html

    BalasHapus